Strategi bisnis KM Nokia

Nokia Telecommunications telah mengadopsi sebuah strategi bisnis Knowledge Management yang mengubah perusahaan dari struktur hirarki ke sebuah oganisasi pembelajar yang berdasarkan jaringan antar karyawan. Perusahaan yakin bahwa perusahaan untuk bisa mengglobal akan di dapat dari :
– Efektivitas dan efisiensi secara global
– Pembelajaran yang melampaui batas organisasi
– fleksibilitas yang bersifat lokal dan responsif

Nyonya Kaisa Kautto-Kuivola ditunjuk sebagai kepala KM development pada tahun 1996. Dia bertanggung jawab akan pembangunan konsep dasar dan strategi, dan juga membuat solusi KM yang pertama di perusahaan Nokia. Dia mengatakan bahwa: “Nilai dari KM untuk nokia ditunjukkan dengan menunjuk saya untuk posisi kepala pengembangan KM”. Setelah diangkat, Nokia melakukan survei terhadap KM bisnis untuk menemukan bidang praktek terbaik. Hal ini diikuti oleh workshop dan menciptakan sebuah peta KM untuk membantu manajer senior dalam memahami manfaat melakukan strategi KM.

Nokia’s lessons telah belajar, termasuk mengambil langkah2 kecil dan mengintegrasikan mereka dengan aktivitas dan program organisasi yang lain, tidak jatuh kedalam perangkap yang menyatakan bahwa KM merupakan bentuk pengembangan dari teknologi informasi. Nokia telah menekankan peran KM dalam keberhasilan global. Ilkka Tuomi, kepala peneliti dari Nokia Research Center, menyatakan bahwa penciptaan pengetahuan, pasokan, dan pemanfaatan adalah tugas yang paling penting dalam dunia bisnis modern. Dari semua informasi, Tuomi menganggap diam-diam (implisit) informasi yang paling penting. Dalam rangka untuk mencapai sukses global. Nokia dipaksa untuk mengelola dengan peningkatan intensitas ledakan pengetahuan. Hal-hal itu sangat penting untuk mengkoordinasikan semua faktor yang berkaitan dengan KM, yang berarti personil, sistem informasi, strategi, kualitas dan proses pengembangan.

Selanjutnya, Tuomi mengatakan bahwa teori KM menyediakan Nokia dengan ide-ide baru tentang organisasi masa depan dan aktivitas yang natural dari mereka. Hal ini sangat penting karena pengembangan produk baru yang sukses didasarkan pada prioritas yang ketat proyek pilot, yang digunakan untuk menguji visi masa depan. Bahkan, Nokia tidak memprediksi masa depan tetapi menciptakan pengetahuan yang dapat digunakan untuk memahami ketika itu ada.


Analisa dan pendapat pribadi:

Nokia sangat mengerti untuk bisa bersaing di industri yang semakin maju dan global ini perlu pengembangan dan penciptaan ide2 baru. Untuk mencapai itu hal yang perlu diperhatikan adalah pengembangan KMnya. KM bertujuan utk membuat para pekerja2/karyawan2 agar lebih mementingkan pengetahuan daripada skill, walaupun skill itu perlu, tetapi utk bisa menghasilkan ide2 baru maka perlu belajar dan sharing pengetahuan dengan orang/karyawan lain.

Dalam kasus diatas diangkatnya Nyonya Kaisa Kautto-Kuivola sebagai kepala KM menunjukkan bahwa Nokia benar2 ingin ada seseorang yang fokus dalam pengembangan KM yang juga menyatakan Nokia ingin terus berinovasi.